Oleh Kak Ian (Padang Ekspres, 16 September 2018)

Diserbu Rayap ilustrasi Orta - Padang Ekspres.jpg
Diserbu Rayap ilustrasi Orta/Padang Ekspres  

Akhirakhir ini koleksi buku-buku Rocky di rak buku diserbu rayap. Ia bingung dari mana rayap-rayap itu bisa datang. Lalu begitu lahapnya memakan buku-buku koleksiannya.

PADAHAL buku-buku itu dibelinya hasil Rocky menyisihkan uang sakunya tiap kali Ayah atau Bunda memberinya sebelum berangkat sekolah. Ia juga tidak suka jajan di kantin. Apalagi ia sudah membawa bekal dari rumah. Daripada uangnya buat jajan lebih baik disisihkan beli buku apa saja yang ia sukai.

Rocky memang suka baca. Maka dari itu ia lebih baik membeli buku ketimbang jajan. Entah, buku ensiklopedia, komik, novel anak maupun kumpulan cerita. Baginya, jika itu bagus dan baik untuknya terlebih menambah wawasan dan pengetahuan ia pasti akan membelinya.

Tapi dengan kejadian akhir-akhir ini, buku-buku koleksiannya dimakan rayap tentu menjadi kekhawatiran Rocky sendiri. Jika dibiarkan saja nanti buku-buku koleksiannya itu akan habis dimakan rayap.

Baca juga: Ingin Menjadi Lionel Messi – Oleh Kak Ian (Padang Ekspres, 24 Juni 2018)

“Kamu kenapa, Ky?” tanya Zain saat melihat Rocky melamun di dalam kelas saat bel jam istirahat berbunyi.

Rocky pun langsung menoleh. Kemudian mencari sumber suara itu.

“Oh, kamu! Kenapa, Zain?” balik tanya Rocky.

“Lho, kok kamu malah balik tanya, sih, Ky!”

“Oh, iya, ya!” pungkas Rocky sambil garuk kepala tidak gatal. “Buku-buku koleksiku akhir-akhir ini banyak di makan rayap,” lanjutnya.

“Terus bagaimana caranya agar rayap-rayap itu tidak lagi makan buku-buku kamu itu?” ujar Zain penasaran.

Baca juga: Rendang Kerbau di Hari Lebaran – Oleh Kak Ian (Padang Ekspres, 10 Juni 2018)

Rocky sejenak berpikir.

“Entahlah! Aku lagi mencari tahu cara agar buku-bukuku itu tidak lagi dimakan rayap,” akhirnya Rocky memberitahukan semua pada Zain apa yang dipikirkan selama di dalam kelas.

“Coba kamu pakai kamper disela-sela buku-buku koleksian kamu itu. Siapa tahu bisa mengurangi buku-buku kamu dimakan rayap,” Zain menganjurkan pada Rocky.

Advertisements