Oleh Eko Supriyadi (Republika, 15 April 2018)

Pohon Kakao Kesulitan untuk Membuahi Bunganya ilustrasi Daan Yahya - Republika
Pohon Kakao Kesulitan untuk Membuahi Bunganya ilustrasi Daan Yahya/Republika

Mungkin banyak orang sangat menyukai cokelat, bahkan ada yang memakannya secara rutin. Namun, tahukah teman, ternyata bunga pohon kakao tidak sepenuhnya mampu menjadi buah? Emily Kearney dari Universitas California, Berkeley mengatakan, petani tanaman buah komersial mengharapkan 50 sampai 60 persen bunga cokelat alias kakao menjadi buah atau pod.

Di beberapa tempat, tanaman kakao berhasil menjadi produktif. Tapi, di seluruh dunia biasanya yang men jadi buah hanya mendek ati 15 sampai 30 persen. Bahkan, dalam penanaman tradisional Ekuador yang dikaji Kearney, kakao hanya menghasilkan 3 sampai 5 persen penyerbukan. “Pemandangan pertama pohon kakao yang sedang mekar (Theobroma cacao) bisa membingungkan,” kata Kearney, dikutip dari Sciencenews, awal Maret lalu.

Menurut dia, itu karena kebanyakan bunga langsung keluar dari batang pohon, bukan tumbuh dari cabang seperti pada banyak pohon lainnya. Untuk kakao, bantalan batang pohon khusus masuk ke dalam konstelasi kecil pentagram bunga. Beberapa batang, lanjut Kearney, benar-benar tertutupi bunga-bunga.

Bunga-bunga itu tidak mudah, Setiap lekukan kelopak menjadi tudung mungil yang pas di sekitar struktur pembuatan serbuk sari jantan. Seekor lebah madu yang mencoba mencapai serbuk sari akan menjadi sia-sia. Sebagai gantinya, agas (lalat kecil) dari subfamili Forcipomyiinae, merangkak naik ke dalam bunga. Tapi bunga itu tidak menawarkan nektar bagi para serangga yang berhasil masuk ini.

Para peneliti bahkan belum menunjukkan bunga-bunga ini memilik bau memikat bagi penyerbuk. Beberapa ahli biologi telah meneliti bahwa tangkai merah pada bunga menawarkan bentuk nutrisi serangga. Tapi Kearney belum tahu cara menguji hal ini.

Terlebih lagi, hama, yang ditaburi dengan serbuk sari kecil tidak bisa berjalan begitu saja ke bagian bagian bunga betina yang sama. Serbuk sari tidak berguna untuk pemupukan setiap bunga di pohon jika berasal dari kerabat yang sangat dekat.

Advertisements